Thursday 19th of September 2024
×

Sumbawa Besar Ditarget Jadi Ibu Kota Provinsi Pulau Sumbawa Usai Memisahkan Diri Dari NTB, Begini Faktanya

Sumbawa Besar Ditarget Jadi Ibu Kota Provinsi Pulau Sumbawa Usai Memisahkan Diri Dari NTB, Begini Faktanya

--

Provinsi Pulau Sumbawa NTB

Untuk persiapan menjadi ibukota Provinsi Pulau Sumbawa, Kecamatan Sumbawa Besar juga diusulkan memisahkan diri dari Kabupaten Sumbawa. Calon Kota Otonom Kota Sumbawa Besar ini nantinya meliputi lima kecamatan. Yakni ada Kecamatan Sumbawa, Kecamatan Moyo Hilir, Kecamatan Moyo Utara, Kecamatan Unter Iwis, dan Kecamatan Badas Labuhan.

Usulan daerah otonomi baru Provinsi Pulau Sumbawa ini bertujuan untuk pemerataan pembangunan, dan perpendek rentang kendali pelayanan birokrasi pemerintahan.


Di sisi lain pembentukan Provinsi Pulau Sumbawa merupakan aspirasi warga dan tokoh masyarakat, meskipun moratorium DOB belum dicabut Pemerintah Pusat.

Baca juga: Legenda Kabupaten Batu Bara Sumut, Apakah Benar Karena Ada Banyak Tambang Batu Bara? Begini Faktanya yang Mengejutkan

Baca juga: Sejarah Asal-usul Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara yang Merupakan Peninggalan Zaman Kolonialisme Belanda di Indonesia

Baca juga: Profil dan Biodata Louis Scott, Pemeran Sinetron Takdir Cinta ANTV Asal Thailand! Mulai Umur, Agama, Hingga Instagram

Ada 5 daerah siap gabung dengan calon DOB Provinsi Pulau Sumbawa pemekaran Provinsi Nusa Tenggara Barat atau NTB tersebut. Yakni, Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, dan Kabupaten Sumbawa Barat.

Calon provinsi baru Provinsi Pulau Sumbawa ini akan memiliki wilayah Pulau Sumbawa dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Lalu 63 dari 117 kecamatan di Provinsi NTB bakal bergabung Provinsi Pulau Sumbawa. Serta 543 dari 1.143 kelurahan dan desa di Provinsi NTB.

Luas wilayah Provinsi Pulau Sumbawa nanti diperkirakan sebanyak 15.424 kilometer persegi. Atau 76.64 persen dari luas wilayah Provinsi NTB 20.124 kilometer persegi.

Kedepannya, Kabupaten Sumbawa yang memiliki luas wilayah 6.643 kilometer persegi bisa saja melakukan pemekaran daerah dengan membentuk Kabupaten Sumbawa Tengah dan Kabupaten Sumbawa Timur.

Serta calon ibukota Provinsi Pulau Sumbawa yakni Kecamatan Sumbawa Besar atau Sumbawa Rae Kabupaten Sumbawa bisa juga jadi Kota otonom.

Selanjutnya, Kabupaten Bima yang memiliki luas wilayah 4.389 kilometer persegi juga bisa melakukan pemekaran wilayah dengan membentuk Kabupaten Bima Timur ke depannya.

Dari segi jumlah penduduk Calon Provinsi Pulau Sumbawa akan berpenduduk 1.561.461 jiwa. Atau sekitar 29.3 persen dari jumlah penduduk Provinsi Nusa Tenggara Barat alias NTB 5.310.092 jiwa.

Bagaimana menarik bukan? Demikianlah informasi mengenai berita yang tengah viral diantara masyarakat tanah air ini terkait dengan Provinsi Pulau Sumbawa NTB. Bagaimana menurutmu? Terimakasih sudah membaca!

Sumber:

UPDATE TERBARU