Friday 20th of September 2024
×

Rencanakan Pemekaran Wilayah, Provinsi Jawa Barat Siap Bentuk Wilayah Baru! Sudah Mulai Pengusulan?

Rencanakan Pemekaran Wilayah, Provinsi Jawa Barat Siap Bentuk Wilayah Baru! Sudah Mulai Pengusulan?

--

OTONITY.com - Pemekaran wilayah akan diusulkan pada wilayah Provinsi Jawa Barat. Pemekaran ini akan menambah beberapa wilayah baru yang ada di Jawa Barat. Nah, untuk mudahnya simak informasi lengkapnya pada uraian berikut ini.

Pemekaran wilayah adalah proses administratif di mana suatu daerah atau wilayah yang lebih besar dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Tujuan dari pemekaran wilayah biasanya adalah untuk meningkatkan pelayanan dan efisiensi dalam mengelola daerah tersebut.


Pemekaran wilayah dapat melibatkan pembentukan kelurahan atau desa baru, kecamatan baru, atau bahkan pembentukan kabupaten atau provinsi baru.

Baca juga: Sebanyak 17 Kabupaten/Kota Di Jawa Barat Siap Buat Rencana Pemekaran Wilayah, Gimana Nasibnya Kini?

Baca juga: Pemekaran Provinsi Jawa Tengah, Daerah Istimewa Surakarta (DIS) Berdiri Sendiri, Ini Daftar Kota-Kabupaten yang Siap Gabung

Baca juga: Tambah Ramai! Rencana Pemekaran 5 Calon Kota-Kabupaten Baru Provinsi Jawa Tengah Demi Tingkatkan Kesejahteraan

Proses ini sering kali didorong oleh kebutuhan untuk mendekatkan pemerintahan kepada masyarakat setempat, meningkatkan aksesibilitas layanan publik, atau mengoptimalkan pengelolaan sumber daya.

Pemekaran wilayah biasanya melibatkan proses perundang-undangan dan persetujuan dari berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat yang terkena dampak.

Rencana Pemekaran Provinsi Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat atau Jabar kembali menciptakan sejarah dengan merencanakan pembentukan 17 kabupaten/kota baru sebagai daerah otonomi (DOB), meskipun Pemerintah Pusat belum mencabut moratorium DOB.

Rencana pemekaran ini melibatkan 3 kota dan 14 kabupaten baru dan dianggap sebagai tindakan strategis dalam mengatasi permasalahan padat penduduk yang terjadi di wilayah tersebut. Dengan demikian, mari kita teliti lebih lanjut rencana perluasan wilayah ini.

Provinsi Jawa Barat, dengan jumlah penduduknya yang mencapai lebih dari 50 juta jiwa, berada pada posisi wilayah dengan tingkat kepadatan penduduk tertinggi di Indonesia. Jumlah ini setara dengan sekitar 20 persen dari jumlah penduduk nasional.

Sumber:

UPDATE TERBARU