Tuesday 17th of September 2024
×

Ada 13 Kecamatan di Tangerang Provinsi Banten yang Jadi Wacana Pemekaran, Sudah Didepan Mata Atau Masih Terkendala?

Ada 13 Kecamatan di Tangerang Provinsi Banten yang Jadi Wacana Pemekaran, Sudah Didepan Mata Atau Masih Terkendala?

--

OTONITY.com - Kawasan Tangerang Raya yang saat ini sudah meliputi satu kabupaten dan dua kota otonom terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi terkemuka di Indonesia.

Tak heran jika Kawasan Tangerang Raya mengalami proses penambahan jumlah penduduk yang paling pesat, dengan sendirinya memerlukan pelayanan dengan kualitas dan kuantitas yang memadai.


Setelah terbentuk Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan (Tangsel), belakangan berkembang wacana dan rencana pembentukan dua daerah otonom baru, yaitu Kota Tangerang  Tengah dan Kabupaten Tangerang Utara.

Baca juga: Kembali Naik! Rencana Provinsi Sumbawa Pisah dari NTB Jadi Petimbangan DPR Pusat, Intip Daftar Wilayahnya

Baca juga: Sebanyak 17 Kabupaten/Kota Di Jawa Barat Siap Buat Rencana Pemekaran Wilayah, Gimana Nasibnya Kini?

Baca juga: Bertajuk Rindu Rasulullah, Pameran Artefak Nabi Muhammad SAW Digelar di Pontianak! Hadirkan 35 Jenis Peninggalan

Bahkan muncul aspirasi untuk pembentukan Provinsi Tangerang Raya, yang  akan meliputi tiga kota otonomi (Tangerang, Tangerang Selatan dan Tangerang Tengah) dan dua kabupaten (Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Tangerang Utara).

Kabupaten Tangerang Utara meliputi 13 kecamatan, 118 desa dan 6 kelurahan. Total jumlah penduduk mencapai 1.139.928 jiwa, atau 34 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Tangerang. Luas wilayahnya akan mencapai 416,65 km2 atau sekitar 43,42 persen dari luas Kabupaten Tangerang, dengan kepadatan penduduk 2.736 jiwa per km2.

Sumber:

UPDATE TERBARU