Tuesday 17th of September 2024
×

Pemekaran Wilayah Jawa Tengah Akan Gantikan Ibu Kota Semarang? Inilah Rencana Wilayah Baru yang Siap Sokong Jateng!

Pemekaran Wilayah Jawa Tengah Akan Gantikan Ibu Kota Semarang? Inilah Rencana Wilayah Baru yang Siap Sokong Jateng!

--

OTONITY.com - Wilayah Jawa Tengah saat ini juga akan melakukan pemekaran wilayah. Dalam rencana pemekaran wilayah ini, Semarang juga digadang-gadang akan mundur jadi Ibu Kota. Lantas, wilayah mana yang akan sokong Jawa Tengah selanjutnya?

Jawa Tengah adalah sebuah provinsi di pulau Jawa yang memiliki luas wilayah sekitar 34.337 km². Provinsi ini awalnya memiliki 35 wilayah administrasi, termasuk 29 kabupaten dan 6 kota.


Penduduk provinsi ini diperkirakan mencapai sekitar 37.032.410 jiwa, sehingga muncul wacana tentang pemekaran wilayah.

Kota yang akan menggantikan Semarang sebagai ibu kota dalam rencana pemekaran adalah salah satu kota yang berjarak sekitar 99,8 km dari Semarang.

Baca juga: 13 Kecamatan di Tangerang Provinsi Banten Ini Bakalan Masuk Target Rencana Pemekaran Wilayah, Mana Saja yang Terpilih?

Baca juga: Sebanyak 17 Kabupaten/Kota Di Jawa Barat Siap Buat Rencana Pemekaran Wilayah, Gimana Nasibnya Kini?

Baca juga: Rencana Pemekaran Wilayah Sumatera Barat, 3 Kabupaten Ini Lepaskan Diri dan Siap Masuk Provinsi Baru

Ibu kota yang dimaksud untuk menggantikan Semarang adalah Kota Surakarta, yang diharapkan akan menjadi ibu kota provinsi baru hasil pemekaran Jawa Tengah.

Awalnya, ada rencana pemekaran yang akan mengurangi jumlah wilayah administrasi dari 35 menjadi 28 dalam provinsi Jawa Tengah. Meskipun demikian, hingga saat ini, kabar mengenai pemekaran Jawa Tengah belum terealisasi dan masih menyebabkan kebingungan.

Sumber:

UPDATE TERBARU