Thursday 19th of September 2024
×

Ibu Kota Provinsi Sumbawa, Sumbawa Besar Ganti Nama Jadi Kota Samawa Rea Bakal Ambil Sebagaian Besar Wilayah NTB

Ibu Kota Provinsi Sumbawa, Sumbawa Besar Ganti Nama Jadi Kota Samawa Rea Bakal Ambil Sebagaian Besar Wilayah NTB

--

OTONITY.com - Pemekaran wilayah atau pemekaran daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, salah satunya bentuk Provinsi Pulau Sumbawa. Yang mana calon ibukota Provinsi Pulau Sumbawa pemekaran Provinsi Nusa Tenggara Barat atau NTB itu berada di Kecamatan Samawa Rea atau Kecamatan Sumbawa Besar atau Kecamatan Sumbawa Rae Kabupaten Sumbawa.

Kecamatan Sumbawa Besar atau Sumbawa Rea sendiri memiliki luas wilayah 840.6 kilometer persegi, dengan jumlah penduduk 161.010 jiwa. Dikabarkan ganti nama jadi Sumbawa Besar, berikut ini akan kami sampaikan informasinya!


Baca juga: 13 Kecamatan di Tangerang Provinsi Banten Ini Bakalan Masuk Target Rencana Pemekaran Wilayah, Mana Saja yang Terpilih?

Baca juga: Ada 13 Kecamatan di Tangerang Provinsi Banten yang Jadi Wacana Pemekaran, Sudah Didepan Mata Atau Masih Terkendala?

Baca juga: Harga Honda Kirana 125cc 2024, Siap Bersaing dengan Motor Sport Kelas 150cc, Pilih yang Mana?

Ibu kota penting ada pada setiap provinsi karena Ibu kota merupakan pusat pemerintahan. Peran ini membuat ibu kota menjadi simbol suatu negara yang dapat menunjukkan siapa yang mengendalikan ibu kota juga dapat mengendalikan pemerintahan dalam skala nasional. Selain itu, ibu kota juga menjadi pusat perekonomian dan administrasi nasional. 

Ibu Kota Provinsi Sumbawa Besar Ganti Nama

Calon ibukota Provinsi Pulau Sumbawa pemekaran Provinsi Nusa Tenggara Barat berubah nama. Yakni dari Kota Sumbawa Besar menjadi Kota Samawa Rea.

Perubahan nama calon ibukota provinsi DOB Provinsi Pulau Sumbawa itu sesuai hasil rembugan Komitmen Pembentukan Kota Samawa Rea atau KPKSR beberapa waktu yang lalu.

Sumber:

UPDATE TERBARU