Friday 20th of September 2024
×

Ibu Kota Provinsi Sumbawa, Sumbawa Besar Ganti Nama Jadi Kota Samawa Rea Bakal Ambil Sebagaian Besar Wilayah NTB

Ibu Kota Provinsi Sumbawa, Sumbawa Besar Ganti Nama Jadi Kota Samawa Rea Bakal Ambil Sebagaian Besar Wilayah NTB

--

Ditegaskan Sekretaris KPKSR Syamsul Fikri Sag Msi yang menyatakan usulan Kota Samawa Rea itu sudah diserahkan ke Pemprov Nusa Tenggara Barat. "Sesuai kesepakatan nama Kota Sumbawa Rea akan berganti menjadi Kota Samawa Rea,” tegas Syamsul Fikri.

Baca juga: Kece Banget! Honda Kirana 125cc 2024 Siap Meluncur di Pasaran, 3 Varian Warna Baru Langsung Jadi Buruan


Baca juga: Bentuk 17 Kota/Kabupaten Baru, Provinsi Jawa Barat Siap Lakukan Pemekaran Wilayah untuk Daerah Otonomi Baru

Baca juga: Rencanakan Pemekaran Wilayah, Provinsi Jawa Barat Siap Bentuk Wilayah Baru! Sudah Mulai Pengusulan?

Provinsi Sumbawa

Calon provinsi baru Provinsi Pulau Sumbawa ini akan memiliki wilayah Pulau Sumbawa dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Lalu 63 dari 117 kecamatan di Provinsi NTB bakal bergabung Provinsi Pulau Sumbawa. Serta 543 dari 1.143 kelurahan dan desa di Provinsi NTB.

Luas wilayah Provinsi Pulau Sumbawa nanti diperkirakan sebanyak 15.424 kilometer persegi. Atau 76.64 persen dari luas wilayah Provinsi NTB 20.124 kilometer persegi.

Kedepannya, Kabupaten Sumbawa yang memiliki luas wilayah 6.643 kilometer persegi bisa saja melakukan pemekaran daerah dengan membentuk Kabupaten Sumbawa Tengah dan Kabupaten Sumbawa Timur.

Kabupaten Bima yang memiliki luas wilayah 4.389 kilometer persegi juga bisa melakukan pemekaran wilayah dengan membentuk Kabupaten Bima Timur ke depannya.

Dari segi jumlah penduduk Calon Provinsi Pulau Sumbawa akan berpenduduk 1.561.461 jiwa. Jumlah penduduk tersebut diketahui dari hasil sensus penduduk Badan Pusat Statistik tahun 2021 yang lalu.

Jumlah penduduk calon Provinsi Pulau Sumbawa itu, yakni Kabupaten Sumbawa sebanyak 509.753 jiwa, Kabupaten Bima 514.105 jiwa, dan Kota Bima 155.140 jiwa.

Sedangkan batas wilayah calon Provinsi Pulau Sumbawa, disebelah barat berbatasan dengan Selat Alas atau Pulau Lombok. Lalu di sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia, sebelah timur berbatasan dengan Selat Sape atau Pulau Komodo Provinsi NTT. Bagaiman menurutmu? 

Sumber:

UPDATE TERBARU