Tuesday 17th of September 2024
×

Potensi Wisata Provinsi Sumbawa Baru yang Bikin Jadi Urgensi Pemekaran, Ada 32 Destinasi Wisata Menarik

Potensi Wisata Provinsi Sumbawa Baru yang Bikin Jadi Urgensi Pemekaran, Ada 32 Destinasi Wisata Menarik

--

OTONITY.com - Potensi Wisata Provinsi Sumbawa Baru yang Bikin Jadi Urgensi Pemekaran, Ada 32 Destinasi Wisata Menarik yang wajib buat dikunjungi. Cek selengkapnya di sini! 

Pemekaran wilayah atau pemekaran daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, salah satunya bentuk Provinsi Pulau Sumbawa. Yang mana calon ibukota Provinsi Pulau Sumbawa pemekaran Provinsi Nusa Tenggara Barat atau NTB itu berada di Kecamatan Samawa Rea atau Kecamatan Sumbawa Besar atau Kecamatan Sumbawa Rae Kabupaten Sumbawa.


Kecamatan Sumbawa Besar atau Sumbawa Rea sendiri memiliki luas wilayah 840.6 kilometer persegi, dengan jumlah penduduk 161.010 jiwa. Total ada 5 daerah siap gabung dengan calon DOB Provinsi Pulau Sumbawa pemekaran Provinsi Nusa Tenggara Barat atau NTB tersebut. Yakni, Kota Bima, Kabupaten Bima, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, dan Kabupaten Sumbawa Barat.

Baca juga: Rencana Pemekaran Wilayah Sumbar: Potensi Wisata Kabupaten Agam Tuo Pantas Untuk Dibanggakan

Baca juga: Viral Rumah Batu Patrick di Wonogiri, Kini Malah Jadi Tempat Wisata dan Jadi Sumber Cuan

Baca juga: Asal-Usul Terasering Panyaweuyan Majalengka Spot Wisata Viral yang Ternyata Dulunya Tempat Menjaring Burung di Tahun 80-an

Calon provinsi baru Provinsi Pulau Sumbawa ini akan memiliki wilayah Pulau Sumbawa dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Lalu 63 dari 117 kecamatan di Provinsi NTB bakal bergabung Provinsi Pulau Sumbawa. Serta 543 dari 1.143 kelurahan dan desa di Provinsi NTB.

Luas wilayah Provinsi Pulau Sumbawa nanti diperkirakan sebanyak 15.424 kilometer persegi. Atau 76.64 persen dari luas wilayah Provinsi NTB 20.124 kilometer persegi.

Kedepannya, Kabupaten Sumbawa yang memiliki luas wilayah 6.643 kilometer persegi bisa saja melakukan pemekaran daerah dengan membentuk Kabupaten Sumbawa Tengah dan Kabupaten Sumbawa Timur.

Sumber:

UPDATE TERBARU