Tuesday 17th of September 2024
×

Lokasi Goa Kafir Pamijahan Tasikmalaya yang Konon Jadi Pintu Gaib ke Gunung Kawi, Gunung Tangkil, dan Tanjakan Icem

Lokasi Goa Kafir Pamijahan Tasikmalaya yang Konon Jadi Pintu Gaib ke Gunung Kawi, Gunung Tangkil, dan Tanjakan Icem

--

Kenapa Goa Kafir tertutup untuk umum?

Karena jarang dijamah oleh manusia, Goa Kafir terasa sangat alami, bahkan dinilai sangat angker lantaran ada berbagai spesies binatang mulai dari kelelawar hingga hewan buas masih mendiami kawasan tersebut.

Keberadaan Goa Kafir  ini sebenarnya “tidak diinginkan” diabaikan oleh warga masyarakat, karena identik dengan perbuatan negatif bahkan menyimpang sesuai dengan namanya “Goa Kafir”.


Anehnya, Goa Kafir ini “sangat terkenal” oleh masyarakat luar daerah, yang konon dijadikan sebagai tempat “pesugihan” mencari harta kekayaan melalui jalan haram.

Berdasarkan kisah yang turun Goa Kafir sebetulnya sudah sejak lama dikenal masyarakat. Namun, hanya sedikit orang yang pernah melihat langsung lokasi tersebut. Kemunginan besar, hal itu akibat larangan langsung yang disampaikan Kanjeng Syech Abdul Muhyi kepada seluruh pengikut dan keturunannya agar jangan pernah mendekati lokasi tersebut.

Baca juga: Asal-Usul Terasering Panyaweuyan Majalengka Spot Wisata Viral yang Ternyata Dulunya Tempat Menjaring Burung di Tahun 80-an

Baca juga: Berburu Kuliner di Angkringan Alas Dowo Nganjuk, Hidden Gem Kawula Muda untuk Nongkrong dan Berwisata!

Baca juga: Bukan Sekedar Sejarah, Keindahan Alam di Payakumbuh Jadi Destinasi Berbagai Wisata! Icipan Kuliner Khas Tak Boleh Terlewat

“Sebenarnya, Goa Safarwadi dan Goa Kafir itu simbol. Bahwa dalam kehidupan ini hanya ada 2 jalan. Yakni jalan yang Haq dan jalan yang Batil, antara yang lurus dengan yang sesat. Nah kita mau pilih yang mana?”katanya saat ditemui di kediamannya, kemarin.

Sosoknya menjelaskan, penamaan Goa Kafir juga menunjukkan sesuatu yang menjijikkan untuk didekati. Artinya perilaku-perilaku kekafiran jangan sampai dilakukan oleh seorang mukmin yang benar. Herannya kata dia, masih banyak saja orang yang malah berusaha mendekatinya hanya untuk mencapai kekayaan duniawi dengan cara menjual keimanannya.

Ustadz H Hary Petir menambahkan, sebenarnya warga masyarakat Pamijahan terutama sekitar kawasan Goa Kafir berkeinginan merubah image jelek menjadi baik, bahkan dijadikan objek wisata religius yang bersifat positif.

“Warga masyarakat melalui pengurus MUI, Banser dan tokoh agama yang disampaikan kepada saya, mereka sangat mendukung kalau seandainya ada rencana penataan goa tersebut. Ketimbang jadi tempat pemujaan, lebih baik agar ditata, dan diterangi listrik. Kalau sudah diterangi, biasanya jin-nya juga nanti minggat dengan sendirinya,”

Di Goa Kafir juga terdapat sebuah batu misterius yang konon kerap disalahgunakan. Secara mata biasa, batu tersebut hanyalah batu biasa. Tapi jika ditelisik dari sisi supranatural, orang-orang yang melakoni jalan pintas, batu ini seolah-olah adalah lemari harta yang bisa membuat mereka kaya dengan seketika.

Dari terawang Sumpena Laksana, di tiap sudut gua akan terlihat sosok besar yang akan menyambut masuk ke beberapa lorong gua.

“Disini nampak sangat besar, seolah-olah menyambut para pengunjung untuk berlari mengejarnya. Jangan sekali-kali mencoba untuk mengikutinya,” ucapnya.

Kisha menarik mengenai goa yang satu ini memang tak pernah habis. Itulah yang bisa kami sampaikan mengenai Goa Kafir kali ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untukmu! 

Sumber:

UPDATE TERBARU