Sunday 8th of September 2024
×

Apa Itu Kiprok dan Juga Fungsinya Buat Sepeda Motor? Begini Cara Kerjanya!

Apa Itu Kiprok dan Juga Fungsinya Buat Sepeda Motor? Begini Cara Kerjanya!

--

OTONITY.com -  Komponen kendaraan bermotor memanglah penting untuk dijaga dan dirawat secara teratur. Salah satu komponen kelistrikan yang biasanya penting diperhatikan dalam hal ini adalah aki. Akan tetapi, komponen lain yang tidak kalah penting adalah kiprok.

Disini akan kami sampaikan soal Apa Itu Kiprok dan Juga Fungsinya Buat Sepeda Motor yang akan kami sampaikan di bawah ini. Silahkan kamu simak disini buat selengkapnya ya.


Baca juga: Harga Motor Honda XRM 125 Terbaru 2023 Lengkap dengan Angsuran nya, Motor Bebek Murah DP Dibawah 6 Juta!

Baca juga: Lebih Murah! New VMAX 175 2024 Spek Canggih Harga Jauh di Bawah NMax dan PCS, Bukan dari Pabrikan yang Sama?

Baca juga: Konsumsi Bahan Bakar Irit! Cek Kelebihan dan Kekurangan Honda PCX 160 Sebelum Membeli

Apa itu kiprok? Kiprok merupakan komponen kelistrikan pada motor. Kiprok memiliki beberapa komponen lagi yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Salah satu komponen dari kiprok adalah Dioada. Part ini merupakan komponen elektronika yang terdiri dari dua kutub berfungsi menyearahkan arus listrik.  Komponen dioada ini terdiri atas dua semikonduktor yang digabungkan dan masing masing diberi doping (bahan tambahan) berbeda, serta tambahan material konduktor untuk alirkan arus listrik.

Fungsi Kiprok Motor

Berbicara tentang pentingnya kiprok, kamu harus paham sebenarnya apa fungsi kiprok motor. Dijelaskan oleh salah seorang teknisi motor bahwa komponen ini berfungsi menstabilkan arus dan tegangan yang mengalir dan selanjutnya dialihkan ke aki.

Sumber:

UPDATE TERBARU