Tuesday 17th of September 2024
×

Apa Itu Kiprok dan Juga Fungsinya Buat Sepeda Motor? Begini Cara Kerjanya!

Apa Itu Kiprok dan Juga Fungsinya Buat Sepeda Motor? Begini Cara Kerjanya!

--

Jika arus terlalu besar mengalir ke aki, bisa terjadi kondisi over change. Begitu pun jika arus yang mengalir ke aki terlalu kecil, maka hal tersebut akan menyebabkan aki tekor. Jadi, tegangan dan arus yang mengalir ke aku harus dalam kondisi seimbang jumlahnya.

Selain itu, komponen mesin ini memiliki fungsi lain, yakni mengubah arah arus menjadi satu arah. Arus AC (Alternating Current) yang dihasilkan oleh spul ini kemudian diubah menjadi arus jenis DC (Direct Current). Hal ini terjadi karena arus yang masuk ke aki harus dalam keadaan arus DC.


Baca juga: Harga Honda Kirana 125cc 2024, Siap Bersaing dengan Motor Sport Kelas 150cc, Pilih yang Mana?

Baca juga: Inilah Penyakit Mobil Pickup Mitsubishi Cold T120SS yang Bikin Performa Jadi Loyo, Para Pengendara Wajib Waspada!

Baca juga: Siap Keluar! Segini Harga Yamaha Aerox 155 2024 Hadirkan Spek Gahar, Ada Warna Baru Makin Menawan

Apabila tipe motor kamu termasuk jenis motor dengan lampu depan, fungsi kiprok adalah menstabilkan arus ke lampu. Jika arus yang masuk berlebih, akan diatur otomatis dengan akibat bohlam lampu bisa putus dan lampu tidak dapat menyala.

Cara Kerja Kiprok Motor

Untuk memahami cara kerja kiprok motor, pertama-tama kita perlu mengetahui komponen utama yang terlibat dalam proses ini:

1. Stator:
Stator adalah bagian dari sistem pengisian yang terletak di dalam mesin motor. Saat mesin berputar, stator menghasilkan arus bolak-balik (AC) melalui koil kawat.

2. Rotor
Rotor adalah komponen lain yang terhubung dengan poros mesin. Ketika mesin berputar, rotor juga berputar di dalam stator.

Sumber:

UPDATE TERBARU