Sunday 8th of September 2024
×

Kiprok Motor Rusak? Begini Cara Deteksi dan Cara Merawatnya! Atasi Segera Sebelum Makin Parah

Kiprok Motor Rusak? Begini Cara Deteksi dan Cara Merawatnya! Atasi Segera Sebelum Makin Parah

--

  • Hindari Overcharging: Hindari mengisi baterai terlalu lama atau terlalu kuat, karena ini dapat merusak kiprok.
  • Perawatan oleh Profesional: Jika kamu merasa kiprok mengalami masalah, segera bawa motor kamu ke bengkel yang terpercaya untuk pemeriksaan dan perbaikan.

Cara Deteksi Kiprok Motor Rusak

Lampu beberapa kali mati
Ditandai dengan lampu sering mati meskipun sudah diganti dengan yang baru. Cirinya bisa kamu lihat saat lampu motor tiba-tiba mati saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi. Akibatnya, kiprok tidak bisa membatasi tegangan masuk ke bagian lampu.

Baca juga: Inilah Penyakit Mobil Pickup Mitsubishi Cold T120SS yang Bikin Performa Jadi Loyo, Para Pengendara Wajib Waspada!


Baca juga: Harga Motor Honda XRM 125 Terbaru 2023 Lengkap dengan Angsuran nya, Motor Bebek Murah DP Dibawah 6 Juta!

Baca juga: Motor Bebek Honda Supra GTR 150, Peforma Mesik Ciamik dengan Desain Trendi

Jika terjadi kondisi tegangan berlebih, lampu motor seketika akan putus. Hal yang dapat kamu lakukan jika mengalami kondisi demikian, sebaiknya kamu memeriksa tegangan lampu. Bandingkan dengan lampu tegangan normal, yakni berkisar 12-14 volt.

Aki tekor
Keadaan aki yang tekor bisa menjadi salah satu ciri rusaknya komponen ini. Gejala ini bisa kamu kenali saat sebelum motor dijalankan. Oleh karena itu, kamu tidak perlu tergesa-gesa mengganti aki motor. Sebaiknya kamu memastikan terlebih dahulu baterai kiprok tidak sedang mengalami drop.

Lampu redup
Gejala selanjutnya adalah lampu yang terlibat redup. Jika kami menyalakan komponen yang berhubungan dengan kelistrikan, kondisi ini akan mempengaruhi cahaya lampu.

Sumber:

UPDATE TERBARU