Tuesday 17th of September 2024
×

Jangan Salah Beli, Inilah Cara Membedakan Gas LPG Asli dan Oplosan! Bahaya Bisa Sebabkan Kebakaran

Jangan Salah Beli, Inilah Cara Membedakan Gas LPG Asli dan Oplosan! Bahaya Bisa Sebabkan Kebakaran

--

5. Berat Tabung Gas

Ciri terakhir yang dapat diperiksa adalah berat tabung gas. Tabung gas elpiji ukuran 3 kilogram seharusnya memiliki berat normal sekitar 8 kilogram, sementara tabung gas elpiji ukuran 12 kilogram seharusnya memiliki berat normal sekitar 27 kilogram.


Selain itu, terdapat juga ciri-ciri gas bocor yang perlu diwaspadai, antara lain:

1. Bau Belerang

Ketika ada bau belerang dari tabung gas, biasanya menandakan adanya kebocoran gas. Bau belerang tersebut disebabkan oleh partikel gas yang menguap ke udara. Bau yang menyengat menunjukkan bahwa ada banyak gas yang terbuang dan ini dapat menyebabkan kebakaran atau ledakan.

2. Suara Mendesis

Bunyi mendesis dapat terdengar ketika ada kebocoran gas yang cukup parah. Suara ini bisa datang dari tabung gas atau selang, yang perlu diwaspadai karena menunjukkan adanya kebocoran yang berbahaya.

Baca juga: Masih Bocil! Gangster Guk Guk Rampok Hingga Aniaya Warga di Tuban: Aksi Kriminal Ini Dapat Ganjaran 15 Tahun penjara

Baca juga: Ardhito Pramono Resmi Cerai Dengan Jeanneta Sanfadelia, Unggahan Instagram Pakai Caption Sweet Bikin Netizen Terharu

Baca juga: Rika Aerox Viral di Twitter! Jadi Bincangan Warganet Karena Pakian yang Mengundang dan Tak Pantas

3. Nyala Api Tidak Berwarna Biru

Saat pembakaran berfungsi dengan baik, nyala api pada kompor berwarna biru tajam. Jika nyala api berwarna kuning atau oranye, ini menandakan adanya campuran gas dan oksigen yang tidak tepat, yang dapat disebabkan oleh kebocoran gas.

4. Konsumsi Gas yang Cepat

Gas yang bocor akan habis lebih cepat dari biasanya. Jika kalian menemukan bahwa tabung gas habis dalam waktu yang jauh lebih singkat dari yang seharusnya, ini bisa menandakan adanya kebocoran pada selang atau tabung.

Demikian adalah beberapa ciri tabung gas asli dan oplosan yang perlu diperhatikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber:

UPDATE TERBARU