Sunday 7th of July 2024
×

Profil Guru Efektif dan Profesional Abad 21 Adalah? Inilah Pembahasan Lengkap Beserta Karakteristiknya!

Profil Guru Efektif dan Profesional Abad 21 Adalah? Inilah Pembahasan Lengkap Beserta Karakteristiknya!

--

Baca juga: Cara Mengatasi Lupa Password Akun PPDB Online Jakarta 2024/2025, Jangan Panik! Lakukan Ini Agar Berhasil

d. Menyediakan berbagai alat penilaian formatif dan sumatif yang sesuai dengan stKalianr teknologi dan konten yang dapat memberikan informasi yang berguna untuk pembelajaran siswa dan pembelajaran secara umum di sekolah.


3. Memodelkan bagaimana kita belajar dan bekerja di era digital

Kompetensi profesional guru yang mampu memodelkan cara belajar dan bekerja di era digital tergambar dari indikator-indikator sebagai berikut:

a. Menunjukkan penguasaan sistem teknologi dan dapat mentransfer pengetahuan ke teknologi dan situasi baru.

b. Berkolaborasi dengan siswa, rekan sejawat, dan komunitas menggunakan alat dan sumber daya digital untuk mendorong keberhasilan dan inovasi siswa.

c. Mengkomunikasikan ide secara efektif kepada siswa, orang tua, dan rekan sejawat menggunakan berbagai format media digital.

d. Mencontohkan dan memfasilitasi penggunaan alat digital yang efektif untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menggunakan sumber daya ini untuk mendukung penelitian dan pembelajaran.

4. Mendorong dan memberi contoh tanggung jawab dan kewarganegaraan digital dengan
dengan menggunakan indikator-indikator berikut

a. Mendorong, mencontohkan, dan mengajarkan cara menggunakan teknologi informasi digital dengan cara yang baik, legal, dan etis, termasuk cara menghormati hak cipta, hak kekayaan intelektual, dan dokumentasi sumber daya pembelajaran.

b. Memenuhi kebutuhan setiap siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa dan dengan menyediakan akses yang tepat ke alat digital dan sumber daya pembelajaran digital lainnya.

c. Mendorong dan memberi contoh penggunaan teknologi informasi sesuai dengan etika digital dan tanggung jawab interaksi sosial.

d. Mendorong dan memberi contoh pengembangan budaya dan kesadaran global dengan melibatkan/berpartisipasi dengan teman sebaya dan siswa dari budaya lain dengan menggunakan alat komunikasi dan kolaborasi digital.

Baca juga: Baca Manhwa The Return Of The Flowery Mountain Sect Chapter 127 Bahasa Indonesia, Minum Bersama Setelah Sekian Lama!

Baca juga: Cara Mengatasi Lupa Password Akun PPDB Online Jakarta 2024/2025, Jangan Panik! Lakukan Ini Agar Berhasil

5. Berpartisipasi dalam pengembangan profesional dan kepemimpinan

Partisipasi dalam pengembangan profesional dan kepemimpinan didasarkan pada indikator-indikator berikut:

a. Berpartisipasi dalam komunitas lokal dan global untuk mengeksplorasi penerapan teknologi kreatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

b. Menunjukkan sifat kepemimpinan dengan menyampaikan visi untuk memasukkan teknologi, berpartisipasi dalam pengambilan keputusan bersama dan integrasi komunitas, dan mampu mengembangkan keterampilan kepemimpinan teknologi untuk orang lain.

c. Mengevaluasi dan merefleksikan penelitian dan praktik profesional yang terkait dengan penggunaan alat dan sumber daya digital yang efektif untuk mempromosikan pembelajaran yang sukses.

d. Berkontribusi pada efektivitas, vitalitas, dan peningkatan profesi guru di sekolah dan masyarakat.

Demikianlah informaasi yang dapat kami bagikan mengenai Profil Guru Efektif dan Profesional Abad 21 yang bisa kalian simak diatas. Sekian informasi dari kami, semoga bisa bermanfaat. 

Sumber:

UPDATE TERBARU