Tuesday 17th of September 2024
×

Sokong Kemajuan Ogan Komering Ilir (OKI), Wilayah Pantai Timur Akan Dilakukan Pemekaran!

Sokong Kemajuan Ogan Komering Ilir (OKI), Wilayah Pantai Timur Akan Dilakukan Pemekaran!

--

OTONITY.com - Wilayah Pantai Timur direncanakan akan dilakukan pemekaran wilayah untuk menyongkong kemajuan Ogan Komering Ilir atau biasa dikenal dengan OKI. Pemerintah telah merencanakan pengusulan tersebut hingga menunggu tahap selanjutnya.

Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) di Sumatera Selatan masih menghadapi tantangan perkembangan yang lambat karena wilayahnya yang sangat luas.


Masalah ini disebabkan oleh ketidakseimbangan antara Anggaran Pembangunan dan luas daerahnya, yang menyebabkan pembangunan dan penurunan tingkat kemiskinan menjadi terhambat.

Sebagai solusi untuk mempercepat pembangunan dan pengurangan tingkat kemiskinan, muncul usulan untuk mengkaji kembali potensi pemekaran wilayah Pantai Timur OKI menjadi daerah otonom baru (DOB).

Usulan ini juga mengemuka dengan dorongan agar Ketua DPRD OKI yang berasal dari Pantai Timur memimpin upaya ini.

Baca juga: Inilah Profil 2 Wilayah Kecamatan Muba yang Akan Lakukan Pemekaran Wilayah, Rupanya Masih Butuh Waktu Untuk Terealisasi!

Baca juga: 13 Kecamatan di Tangerang Provinsi Banten Ini Bakalan Masuk Target Rencana Pemekaran Wilayah, Mana Saja yang Terpilih?

Baca juga: Ada 13 Kecamatan di Tangerang Provinsi Banten yang Jadi Wacana Pemekaran, Sudah Didepan Mata Atau Masih Terkendala?

Pendapat ini disampaikan oleh sejumlah aktivis yang terkait dengan Kabupaten OKI Tempo Doeloe, termasuk Isdamri Hasan, Medi Irawan, S.Si, MH, dan Solahudin Djakfar, SH, pada tanggal 27 Maret 2023.

Mereka merespons informasi dari BPS bahwa tingkat kemiskinan di Kabupaten OKI masih tinggi dan masuk dalam lima besar di Provinsi Sumatera Selatan.

Selain itu, banyak jalan kabupaten, terutama yang mengarah ke Pantai Timur, seperti Air Sugihan, Tulung Selapan, Cengal, dan Sungai Menang, mengalami kerusakan serius.

Aktivis yang pernah aktif di OKI pada tahun 1994-2004 ini menyatakan bahwa pemekaran wilayah OKI, khususnya wilayah Pantai Timur, adalah solusi untuk mempercepat pembangunan di wilayah tersebut.

Luas wilayah OKI yang saat ini masih mencapai lebih dari 18.000 km2 menghambat perkembangan di Pantai Timur. Oleh karena itu, usulan pemekaran wilayah menjadi Kabupaten Pantai Timur menjadi alternatif yang dapat memacu perkembangan dan kesejahteraan masyarakat di sana.

Sumber:

UPDATE TERBARU