Thursday 19th of September 2024
×

Rencanakan Pemekaran Wilayah, OKI Akan Bentuk 2 Kabupaten DOB! Daerah Apa Saja yang Masuk?

Rencanakan Pemekaran Wilayah, OKI Akan Bentuk 2 Kabupaten DOB! Daerah Apa Saja yang Masuk?

--

2. Kabupaten Pantai Timur

Pemekaran ini akan berdasarkan Kabupaten OKI dan bertujuan untuk mempercepat pembangunan di wilayah pesisir. Rencana pemekaran Kabupaten Pantai Timur sudah ada selama sekitar 20 tahun.


Ada lima kecamatan yang siap bergabung dengan Kabupaten Pantai Timur, yaitu Kecamatan Tulung Selapan, Kecamatan Air Sugihan, Kecamatan Pangkalan Lampam, Kecamatan Sungai Menang, dan Kecamatan Cengal.

Anggota DPD RI asal Sumatera Selatan, Jialyka Maharani, telah mendukung pembentukan Kabupaten Pantai Timur dan secara resmi menyerahkan berkas usulan pemekaran ini kepada Mendagri Tito Karnavian.

Rencana pembentukan dua kabupaten baru sebagai daerah otonomi baru (DOB) di Kabupaten OKI, Provinsi Sumatera Selatan, mencerminkan upaya untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan pelayanan birokrasi di wilayah tersebut.

Baca juga: Inilah Profil 2 Wilayah Kecamatan Muba yang Akan Lakukan Pemekaran Wilayah, Rupanya Masih Butuh Waktu Untuk Terealisasi!

Baca juga: Pemekaran Wilayah Jawa Tengah Akan Gantikan Ibu Kota Semarang? Inilah Rencana Wilayah Baru yang Siap Sokong Jateng!

Baca juga: Gencar Pemekaran Wilayah, Semarang Akan Jadi 22 Kecamatan! Sudah Sampai Mana Progressnya?

Usulan ini juga mencerminkan usaha untuk memecahkan masalah keterbatasan wilayah Kabupaten OKI yang sangat luas.

Sumber:

UPDATE TERBARU