Friday 20th of September 2024
×

Rencanakan Pemekaran Wilayah, OKI Akan Bentuk 2 Kabupaten DOB! Daerah Apa Saja yang Masuk?

Rencanakan Pemekaran Wilayah, OKI Akan Bentuk 2 Kabupaten DOB! Daerah Apa Saja yang Masuk?

--

OTONITY.com - Dalam rencana pemekaran wilayah, OKI dikabarkan akan membentuk 2 kabupaten Daerah Otonom Baru. Daerah tersebut telah direncanakan dan diusulkan oleh pemerintah pusat, yang kini masih belum tahap realisasi.

Rencana pemekaran beberapa kabupaten/kota baru di Provinsi Sumatera Selatan, termasuk Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), terus didorong oleh sejumlah tokoh masyarakat.


Kabupaten OKI adalah salah satu daerah yang menjadi fokus pemekaran. Wilayahnya sangat luas, mencapai 19 ribu kilometer persegi, dan saat ini memiliki lebih dari 731 ribu penduduk.

Oleh karena itu, ada dua usulan pemekaran wilayah dari Kabupaten OKI yang sedang diperjuangkan. Usulan-usulan ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan kendali pelayanan birokrasi di wilayah tersebut.

Baca juga: Inilah Profil 2 Wilayah Kecamatan Muba yang Akan Lakukan Pemekaran Wilayah, Rupanya Masih Butuh Waktu Untuk Terealisasi!

Baca juga: Potensi Wisata Provinsi Sumbawa Baru yang Bikin Jadi Urgensi Pemekaran, Ada 32 Destinasi Wisata Menarik

Baca juga: Pemekaran Wilayah Jawa Tengah Akan Gantikan Ibu Kota Semarang? Inilah Rencana Wilayah Baru yang Siap Sokong Jateng!

Rencanakan 2 Kabupaten DOB

Dua kabupaten yang direncanakan adalah sebagai berikut:

1. Kabupaten Lintas Timur

Usulan ini muncul sebagai aspirasi dari masyarakat di kawasan lintas timur OKI. Pada tahun 2017, usulan ini pertama kali diungkapkan dalam sebuah acara malam suroan atau perayaan tahun baru hijriyah di Kecamatan Lempuing, Kabupaten OKI.

Tokoh-tokoh masyarakat di sana mengungkapkan aspirasi ini kepada Wakil Gubernur Sumsel saat itu, H. Ishak Mekki. Ishak Mekki memberikan dukungan kepada usulan tersebut karena dianggap dapat mempercepat pembangunan dan mendekatkan pelayanan pemerintah dengan masyarakat.

Rencananya, Kabupaten Lintas Timur akan terbentuk dari pemekaran Kabupaten OKI dan mencakup 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Lempuing, Kecamatan Lempuing Jaya, Kecamatan Mesuji, Kecamatan Mesuji Raya, dan Kecamatan Mesuji Makmur.

Sumber:

UPDATE TERBARU