Tuesday 17th of September 2024
×

Kabar Pemekaran Wilayah Kabupaten/Kota Daerah Riau, DPRD Tanggapi Beri Dukungan Penuh!

Kabar Pemekaran Wilayah Kabupaten/Kota Daerah Riau, DPRD Tanggapi Beri Dukungan Penuh!

--

OTONITY.com - Pemekaran wilayah daerah Riau baru-baru ini turut mengundang respon dari DPRD setempat. Pemekara daerah Kabupaten dan Kota ini mendapatkan dukungan penuh dan akan menjadi DOB untuk menunjang wilayah Riau.

DPRD Provinsi Riau memberikan dukungan terhadap rencana pemekaran Kota Duri menjadi Kabupaten Rokan Darussalam dan Kota Duri.


Pernyataan ini disampaikan oleh Ketua Komisi I DPRD Riau, Eddy A Mohd Yatim, pada tanggal 30 Oktober 2023. Ia menjelaskan bahwa rencana pemekaran kabupaten/kota di Provinsi Riau telah dibahas oleh Badan Keahlian DPR RI bersama Komisi I DPRD Provinsi Riau pada tanggal 27 Oktober 2023.

Pembahasan tersebut mencakup rencana pemekaran dua Daerah Otonom Baru (DOB), yaitu Kota Duri dan Kabupaten Rokan Darussalam.

Baca juga: Rencana Pemekaran Kabupaten Brebes Selatan, Daerah Ini Akan Jadi Ibu Kota Baru! Pastikan Menyongkong Pengembangan Wilayah

Baca juga: Pemerintah Kabupaten Muba Sumsel Akan Lakukan Pemekaran di Dua Wilayah Kecamatan, Rencana Sudah Disetujui Sejak 2018!

Baca juga: Meski Masih Moratorium, Wapres Janjikan Pemekaran Wilayah Kalteng Segera Realisasi!

"Badan Keahlian (BK) Setjen DPR RI kemarin sudah melakukan uji konsep Naskah Akademik dan RUU pembentukan Kabupaten Rokan Darussalam dan Kota Duri, kita sangat mendukung terbentuknya DOB di Riau,  bukan hanya Kota Duri tetapi juga di Kabupaten Rokan Darussalam serta beberapa kabupaten lainnya di Riau," ujarnya.

Eddy A Mohd Yatim juga menyebutkan bahwa tim tersebut telah melakukan uji konsep RUU (Rancangan Undang-Undang) untuk pembentukan Kabupaten Inhil Selatan, Indragiri Utara, dan Gunung Sahilan Darussalam.

Sumber:

UPDATE TERBARU