Tuesday 17th of September 2024
×

Perbandingan Yamaha NMAX 155 vs PCX 160 yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Beli, Cek Design, Spesifikasi, Harga, dan Fitur

Perbandingan Yamaha NMAX 155 vs PCX 160 yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Beli, Cek Design, Spesifikasi, Harga, dan Fitur

--

Suspensi Honda PCX vs NMAX

1. Performa Mesin

Dimana Torsi puncak yang bisa dimuntahkan PCX generasi anyar mencapai 14,7 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 16 PS pada 8.500 rpm. Performa ini jauh lebih hebat dari PCX 150 atau versi lama.


Jika dibandingkan dengan Nmax, PCX 160 pun masih unggul. Pasalnya Nmax 155 cuma bisa mengeluarkan torsi 13,9 Nm pada 6.500 rpm dan tenaga maksimal 15,3 PS pada 8.000 rpm.

PCX 160 sendiri punya tangki bensin besar mencapai 8,1 liter. Dengan demikian, pengendara tidak perlu sering-sering mengunjungi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) ketika touring. Lalu Nmax cuma punya tangki bensin berkapasitas 7,1 liter.

2. Harga Honda PCX 160 vs Yamaha Nmax 155 Connected

Honda PCX 160 mulai Rp30,35 juta (OTR Jakarta) untuk varian CBS dan Rp33,95 juta (OTR Jakarta) untuk varian ABS. Perbedaan kedua varian itu bukan cuma di fitur ABS, tapi juga kehadiran Honda Selectable Torque Control (HSTC) atau yang biasa dikenal sebagai kendali traksi.

Yamaha Nmax 155 selaku kompetitor dijual dengan harga mulai Rp29,75 juta. Namun varian ini tidak dilengkapi dengan fitur Y-Connect. Sementara untuk fitur konektivitas smartphone itu baru ada di varian Connected yang dijual Rp31 juta (OTR Jakarta) dan varian Connected/ABS Rp33,75 juta (OTR Jakarta).

Baca juga: Spesifikasi Honda XRM 125, Motor Bebek Trail yang Dibandrol Cuma Rp. 19 Juta dan Siap Jadi Raja Jalanan!

Baca juga: Spesifikasi Honda PCX 160 Lengkap Dengan Harga, Kelebihan, dan Kekurangannya, Jadi Saingan Berat NMAX

Baca juga: Marah Besar! Link Baca Manhwa I Became an Ugly Lady Chapter 109-110 Bahasa Indonesia, Kenis Sadar Dirinya Dihipnotis

3. Tampilan atau Design

Bicara tampilan Honda PCX 160 Vs Yamaha Nmax 155 Connected sebenarnya sesuai dengan preferensi masing-masing. Dalam hal ini, Yamaha Nmax lebih berani dalam hal pewarnaan. Ia memiliki pelek warna emas untuk tema maxi signature dan prestige silver. Motor juga tampak gagah dengan penggunaan suspensi belakang jenis tabung.

PCX 160 masih mengandalkan suspensi belakang tanpa tabung. Meski begitu keunggulan PCX ada di ground clearance yang lebih tinggi, mencapai 135 mm. Dengan desain seperti ini, tentu kemungkinan bodi bawah bersinggungan ke aspal semakin minim.

4. Fitur

Sudah tersedia sistem pencahayaan LED, panel instrumen digital, power charger, hingga idling stop system (ISS) atau stop & start system (SSS). Kemudian di varian tertinggi Honda PCX 160 Vs Yamaha Nmax 155 Connected telah mendapat kendali traksi, keyless, dan anti-lock braking system (ABS).  Hanya saja soal kecanggihan fitur, bisa dikatakan motor pabrikan garpu tala lebih unggul.

Salah satu kelebihan Nmax 155 ada di sistem ABS yang menggunakan dual channel alias roda depan dan belakang. Honda PCX 160 masih menggunakan ABS di roda depan saja.

Pada Nmax 155 dapat tambahan fitur Y-Connect. Teknologi ini memungkinkan motor terintegrasi dengan smartphone. Setelah terkoneksi, pengendara jadi bisa mengetahui berbagai informasi lewat smartphone sebut saja posisi parkir, waktu servis, tingkat konsumsi bahan bakar, hingga cek kerusakan motor.

Kelebihan Honda PCX 160 bisa dilihat dari ruang bagasi yang sangat luas, mencapai 30 liter. Bandingkan saja dengan Nmax yang cuma memiliki bagsi bawah jok 24 liter.

Pilihan antara Honda PCX 160 vs Yamaha Nmax 155 Connected ini sendiri masih menjadi salah satu perdebatan sengit antara pengguna skutik bongsor! Jadi bagaimana menurutmu? Mana yang lebih sesuai dengan seleramu? Semoga artikel kali ini bisa membantu kamu menentukan pilihan ya! 

Sumber:

UPDATE TERBARU