Sunday 8th of September 2024
×

Kisah Legenda Bujang Sembilan yang Jadi Asal Usul Danau Maninjau di Sumatera Barat, Ceritanya Bikin Merinding!

Kisah Legenda Bujang Sembilan yang Jadi Asal Usul Danau Maninjau di Sumatera Barat, Ceritanya Bikin Merinding!

--

OTONITY.com - Cerita asal-usul Danau Maninjau, kisah dari tanah Sumatera Barat (Sumbar) yang menarik untuk diketahui. Dikutip dari Kemendikbud, Danau Maninjau terletak di wilayah Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumbar. 

Dulunya berupa kawah gunung berapi, Gunung Tinjau namanya. Gunung tersebut berdampingan dengan dua gunung lainnya, yaitu Gunung Merapi dan Gunung Singgalang. Begini Kisahnya


Baca juga: Asal Usul Sejarah Pulau Kucing 'Dea-dea' di Polewali Mandar, Kumpulan Kucing Hidup dan Berkembang Tanpa Bantuan Manusia!

Baca juga: Sejarah Asal-usul Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara yang Merupakan Peninggalan Zaman Kolonialisme Belanda di Indonesia

Baca juga: Sejarah Kota Saranjana yang Tercatat Dalam Peta Belanda Tahun 1845, Sudah Punya Gedung Pencakar Langit Sejak Ratusan Tahun Lalu

Kisah Legenda Bujang Sembilan yang Jadi Asal Usul Danau Maninjau

Alkisah, daerah di Sumbar ada gunung berapi yang amat tinggi bernama Gunung Tinjau. Puncak dari gunung ini terdapat kawah luas dan di kaki gunung terdapat beberapa perkampungan warga.  Di salah satu perkampungan kaki Gunung Tinjau tersebut tinggal 10 orang bersaudara yang terdiri dari sembilan lelaki dan seorang perempuan.

Penduduk sekitar memanggilnya Bujang Sembilan. Mereka terdiri dari Kukuban, Kudun, Bayua, Malintang, Galapuang, Balok, Batang, Bayang dan lelaki termuda bernama Kaciak.

Sementara saudara perempuannya bernama Siti Rasani.  Orang tua mereka sudah lama meninggal dunia, sehingga Kukuban sebagai anak sulung harus menjadi kepala keluarga di rumah.  Selain itu, mereka juga terhitung masih bersaudara dengan pemimpin di kampung tersebut, yaitu Datuk Limbatang. 

Sumber:

UPDATE TERBARU