Tuesday 17th of September 2024
×

Asal Usul dan Sejarah Danau Maninjau di Sumatera Barat , Kisah Sumpah 2 Sejoli yang Dituduh Berzina

Asal Usul dan Sejarah Danau Maninjau di Sumatera Barat , Kisah Sumpah 2 Sejoli yang Dituduh Berzina

--

Spot terbaik untuk mengamati Danau Maninjau adalah dari tengah kawasan yang disebut kelok 44, yaitu dari sekitar kelok 23 hingga kelok 30. Di sekitar area inilah pemandangan bentangan danau yang dihiasi hamparan sawah nan subur terlihat sangat indah dan dapat memberikan ketenangan hati bagi mereka yang menyaksikannya.

Di luar ilmu sains, terdapat sebuah legenda yang berkembang di kalangan masyarakat setempat mengenai asal muasal dari danau ini. Legenda ini dikenal dengan kisah ‘Bujang Sembilan’, yang menceritakan 10 bersaudara kakak beradik yang terdiri dari 9 orang bujang dan seorang gadis. Nah legenda ini jadi sejarah asal usul Danau Maninjau.


Baca juga: Kisah Legenda Suta dan Putri Adipati Kutaliman, Romeo dan Julietnya Indonesia yang Jadi Asal Usul Baturaden di Purwekerto

Baca juga: Asal Usul Hantu Sundel Bolong, Dedemit Cantik yang Punggungnya Berlubang: Musuh Besar Tukang Sate di Malam Hari

Baca juga: Asal-usul dan Sejarah Nama Asahan, Sebuah Kabupaten di Sumut yang Merupakan Surga Dunia Tersembunyi

Danau Maninjau adalah sebuah danau vulkanik yang terletak di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Danau dengan luas sekitar 99,5 km2 dengan kedalaman mencapai 495 meter ini merupakan danau terluas kesebelas di Indonesia, dan terluas kedua di Sumatera Barat.

Menurut cerita, Danau Maninjau pada awalnya merupakan gunung berapi yang di puncaknya terdapat sebuah kawah yang luas. Oleh karena ulah manusia, gunung berapi itu meletus dan membentuk sebuah danau yang luas. Apa yang menyebabkan gunung berapi itu meletus dan berubah menjadi danau bisa ditemukan dari kisah Asal-usul Danau Maninjau.

Sumber:

UPDATE TERBARU