Sunday 8th of September 2024
×

Heroik! Viral Sosok Abu Ubaidah Juru Bicara Al-Qassam Sayap Militer dari Hamas yang Pimpin Palestina Lakukan Operasi Perangi Israel

Heroik! Viral Sosok Abu Ubaidah Juru Bicara Al-Qassam Sayap Militer dari Hamas yang Pimpin Palestina Lakukan Operasi Perangi Israel

--

Mengenal Sosok Abu Ubaidah

Sebagaimana disembunyikan demi keamanan, hingga kini nama asli Abu Ubaidah tidak diketahui, demikian pula dengan sebagian besar detail pribadinya. Selain wajahnya yang tidak pernah diketahui, lantaran setiap kali muncul di publik, dia selalu mengenakan keffiyeh yang menutupi seluruh wajahnya.

Sebelumnya ada tahun 2014, media Israel merilis sebuah foto yang diduga adalah Abu Ubaidah, dengan nama Huzaifa Samir Abdullah al-Kahloot. Tetapi, kebenaran foto dan nama tersebut dibantah oleh Brigade al-Qassam, seorang pemimpin seniornya mengatakan bahwa Abu Ubaidah "tidak dan tidak akan muncul di media," dan hanya sejumlah kecil orang yang tahu siapa dia sebenarnya.

Yang mana nama samaran tersebut digunakan diyakini merujuk pada Abu Ubayda ibn al-Jarrah, sahabat Nabi Muhammad dan komandan pasukan Kekhalifahan Rasyidin selama Pertempuran Yarmuk dan Pengepungan Yerusalem pada abad ke-7.

Baca juga: Beauty Vlogger Nanda Arsyinta Bikin Video Konten Bela Palestina di Tiktok , Aksinya Banjir Pujian Dari Netizen!


Baca juga: Warga Palestina Mengadopsi Sendok Sebagai ‘Simbol Perlawanan’ Setelah Kabur Dari Penjara, Begini Maknanya!

Baca juga: Asal Usul Sendok yang Jadi Simbol Baru Perlawanan Palestina ke Israel Selain Semangka, Kisah Kaburnya 6 Warga Palestina Dari Penjara!

Rekam Jejak dan Pengaruh Abu Ubaidah

Pada 7 Oktober lalu, Abu Ubaidah muncul di layar kaca, usai Mohammad Al-Deif, komandan Al-Qassam, mengumumkan dimulainya operasi Banjir Al-Aqsa. Dalam laporan yang disampaikan Ashraq Al-Awsat melaporkan, intervensinya muncul setiap beberapa hari sekali, melalui sebuah rekaman pidato, dengan mengenakan seragam loreng hijau, dan mengenakan keffiyeh merah, untuk menyampaikan posisi Al-Qassam dan membicarakan perkembangan pertempuran.

Sedari dimulainya perang Israel di Jalur Gaza, Abu Ubaidah telah muncul sebelum atau sesudah setiap posisi yang menentukan, dan telah mengelola perang media dengan profesionalisme yang luar biasa dalam menghadapi para juru bicara Israel, menurut para pendukung Hamas di Palestina.

Abu Ubaidah dikenal pertama kali pada tahun 2002 sebagai salah satu pejabat lapangan Al-Qassam. Dia berbicara kepada hampir semua media dan dalam konferensi pers, tetapi tidak pernah memperlihatkan wajahnya, mengikuti contoh mantan pemimpin Al-Qassam, Imad Aqel, yang dibunuh oleh Israel pada tahun 1993. Usai Israel menarik diri dari Gaza pada tahun 2005, Abu Ubaidah secara resmi ditunjuk sebagai juru bicara Al-Qassam.

Sudahkah kamu menggunakan menunjukkan dukungan pada Palestina hari ini? Terimakasih sudah membaca artikel kali ini semoga bisa menambah wawasanmu atas apa yang terjadi di trending topik media sosial hari ini! 

Sumber:

UPDATE TERBARU