Tuesday 17th of September 2024
×

Rekomendasi Film Indonesia Buat Ditonton di Hari Pahlawan, Penuh Cerita Patriotik yang Menginspirasi Biar Makin Semangat

Rekomendasi Film Indonesia Buat Ditonton di Hari Pahlawan, Penuh Cerita Patriotik yang Menginspirasi Biar Makin Semangat

--

Kadet 1947 (2021)

Empat kadet angkatan udara di Maguwo, Yogyakarta, yaitu Sigit, Mul, Adji, dan Har. Meskipun mereka belum memiliki status prajurit dan belum bisa menerbangkan pesawat, mereka berusaha membantu para seniornya untuk berpartisipasi dalam perjuangan melawan penjajah. Kisah patriotik para kadet ini terinspirasi oleh serangan udara pertama Angkatan Udara yang dilakukan oleh para kadet terhadap markas pertahanan Belanda di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa pada 29 Juli 1947.


Merah Putih (2009)

Lima kadet militer, yaitu Amir, Tomas, Dayan, Soerono, dan Marius harus melalui latihan militer di Barak Bantir, Semarang, Jawa Tengah ketika kamp mereka diserang oleh tentara Belanda sehingga menyebabkan kehancuran dan kematian seluruh kadet kecuali Amir, Tomas, Dayan, dan Marius. Para kadet yang selamat pun bergabung dengan pasukan gerilya di pedalaman Jawa. 

Wage (2017)

WR Soepratman yang diperankan oleh Rendra Bagus Pamungkas, selalu bermimpi untuk menjadi seorang komponis besar. Tumbuh pada saat tanah air sedang terjajah, WR Supratman pun berkeinginan untuk turut berjuang melawan penjajah.

Baca juga: Sosok Mirin Terungkap? Lanjut Nonton Drama Faceless Love (2023) Episode 2 Subtitle Indonesia

Baca juga: Sinopsis Film 1Anunnaki (2005), Film Ini Konon Mampu Mencuci Otak Para Penontonnya dan Sangat Berbahaya!

Baca juga: Pesona Penampilan Ibnu Jamil Pemeran Senoaji di Series Gadis Kretek, Cowok Green Flag yang Bikin Baper Penontonnya!

Jenderal Soedirman (2015)

Mengisahkan tentang Agresi Militer II yang dimulai dengan pernyataan sepihak Belanda yang menghentikan Perjanjian Renville dan justru menyerang Yogyakarta, ibu kota Indonesia pada tahun 1948. Dimana, Soekarno-Hatta telah ditangkap dan diasingkan, sedangkan Jenderal Soedirman harus memimpin perang gerilya meskipun sedang menderita sakit paru-paru berat.

Nagabonar (1987)

Dilakoni oleh Deddy Mizwar adalah seorang pencopet di Medan. Namun, ia justru menjadi pahlawan ketika Indonesia berada di bawah penjajahan Belanda. Alkisah, setelah mendengar proklamasi kemerdekaan Indonesia, ia bersama sahabatnya bergabung dalam perlawanan melawan Belanda.

Perburuan (2019)

Berlatarkan enam bulan setelah kekalahan PETA dalam pertempuran melawan tentara Jepang di Indonesia. Shodancho PETA, Hardo yang terluka dalam pertempuran kembali ke kampung halamannya di Blora, Jawa Tengah. Namun, ia harus bersembunyi di hutan karena diburu oleh tentara Jepang.

De Oost (2020)

Film ini berlatar belakang di Hindia Belanda tahun 1946 selama Revolusi Nasional Indonesia. Alur film De Oost menyoroti kisah Johan de Vries, seorang prajurit Belanda yang dikirim ke Semarang dengan misi pembebasan. Awalnya, Johan berharap untuk membantu penduduk setempat, tetapi segera menyadari ketidaksetujuan penduduk terhadap tentara Belanda dan perilaku tidak etis dari rekan-rekannya.

Soekarno (2013)

Mengisahkan kehidupan Soekarno yang tumbuh dengan impian menjadi ksatria seperti tokoh Adipati Karno dalam pewayangan. Pada usia 24 tahun, Soekarno mengguncang podium dengan teriakan 'kita harus merdeka sekarang!' yang membuatnya dipenjara atas tuduhan menghasut dan memberontak.

Kartini (2017)

Menceritakan perjuangan Kartini yang diperankan Dian Sastrowardoyo, di mana ia tumbuh dalam lingkungan yang keras. Seiring berjalannya waktu, Kartini berusaha menyeimbangkan hak bagi semua orang, terutama dalam hal pendidikan perempuan. Bersama saudara-saudarinya, Roekmini dan Kardinah, Kartini pun mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan peluang pekerjaan bagi seluruh masyarakat di Jepara.

Soegija (2012)

Mengisahkan perjalanan Monsinyur Albertus Soegijapranata SJ yang merupakan uskup pribumi pertama di Hindia Belanda. Soegija memainkan peran penting mulai dari masa akhir penjajahan Belanda, masa pendudukan Jepang, proklamasi kemerdekaan RI, hingga kembalinya Belanda untuk merebut Indonesia lagi.

Sang Pencerah (2010)

Bercerita tentang Ahmad Dahlan yang merasa gelisah karena melihat pelaksanaan syariat Islam yang kian menyimpang ke arah yang salah, seperti Syirik dan Bid'ah. Ia pun berusaha mengubah arah kiblat yang ternyata selama ini tidak menghadap Ka'bah, melainkan ke arah Afrika. Usulannya ini membuat marah para kiai sehingga Ahmad Dahlan dianggap memberontak terhadap aturan yang sudah ada sejak dahulu.

Pastikan kamu gunakan link legal untuk menontonnya. Sekian update yang bisa kami sampaikan mengenai  Rekomendasi Film Indonesia Buat Ditonton di Hari Pahlawan. Apakah kamu tertarik menonton kisahnya? Selamat menonton!  

Sumber:

UPDATE TERBARU