Thursday 19th of September 2024
×

Siap Realisasi! Pembentukan Provinsi Jatara dari Pemekaran Jawa Tengah Siap Angkut 6 Kabupaten Berikut

Siap Realisasi! Pembentukan Provinsi Jatara dari Pemekaran Jawa Tengah Siap Angkut 6 Kabupaten Berikut

--

OTONITY.com - Pemekaran wilayah juga diusulkan oleh Jawa Tengah, salah satu usulan yang akan menjadi DOB adalah Provinsi Jatara yang juga telah siap mengangkut 6 kabupaten daerah tersebut. Lantas, daerah mana saja yang akan ikut terdampak?

Rencana tersebut melibatkan pemisahan dari provinsi asalnya, yaitu Jawa Tengah, dengan melibatkan 6 kabupaten: Kudus, Pati, Jepara, Rembang, Blora, dan Grobogan.


Usulan tersebut juga mencakup rencana menjadikan Kabupaten Kudus sebagai ibukota baru Provinsi Jatara, sebelumnya ada usulan untuk membentuk Provinsi Jawa Selatan atau Jasela yang melibatkan 5 kabupaten.

Terkait wacana ini, Bupati Kudus, HM Hartopo, memberikan pandangannya. Menurutnya, wilayah Jawa Tengah terlalu luas dengan 35 kota/kabupaten.

Baca juga: Siapkan Lahan 90 Hektar, Pemekaran Wilayah di Kabupaten Banyuasin Usulkan Pembentukan 2 Kabupaten DOB Untuk Kemajuan Sumsel!

Baca juga: Pemekaran Kabupaten Banyuasin Lampu Hijau, Humas Presedium Ucapkan Terima Kasih pada Bupati

Baca juga: Rencanakan Pemekaran Wilayah, OKI Akan Bentuk 2 Kabupaten DOB! Daerah Apa Saja yang Masuk?

Untuk meningkatkan efektivitas administrasi, Hartopo mengusulkan pemekaran menjadi tiga wilayah yang lebih terfokus. Menurutnya, pemekaran ini mungkin lebih efektif karena wilayah Jawa Tengah yang terlalu luas.

Dia berharap bahwa pemekaran ini dapat meningkatkan efektivitas pelayanan publik dan pengelolaan sumber daya.

Wacana tentang pembentukan tiga provinsi baru di Pulau Jawa ini pertama kali muncul melalui saluran YouTube Mahasiswa Geografi.

Meskipun telah menjadi topik pembicaraan, perlu dicatat bahwa ini belum masuk dalam pembahasan resmi pemerintah.

Sumber:

UPDATE TERBARU