Friday 20th of September 2024
×

Mengenal Potensi Kabupaten Rembang, Siap Bergabung dalam Pemekaran Jatara dengan Wilayah Lainnya!

Mengenal Potensi Kabupaten Rembang, Siap Bergabung dalam Pemekaran Jatara dengan Wilayah Lainnya!

--

OTONITY.com -  Kabupaten Rembang termasuk dalam rencana pemekaran Provinsi Jawa Utara atau Jatara dari Jawa Tengah. Pemekaran ini telah direncanakan oleh pemerintah dan tinggal menunggu pembantukan wilayah juga realisasinya.

Kabupaten ini terletak di sebelah utara dengan ibu kota Rembang, yang berbatasan dengan Teluk Rembang (Laut Jawa) di utara, Kabupaten Tuban (Jawa Timur) di timur, Kabupaten Blora di selatan, dan Kabupaten Pati di barat.


Rembang memiliki beberapa daya tarik, salah satunya adalah sebagai tempat peristirahatan terakhir pahlawan pergerakan emansipasi wanita Indonesia, R.A. Kartini, yang dimakamkan di Desa Bulu.

Selain itu, Rembang memiliki tempat wisata alam yang menarik dan kuliner khas yang lezat.

Beberapa fakta menarik seputar Kabupaten Rembang meliputi julukannya seperti 'Cola-nya Jawa' karena melimpahnya kawista dengan rasa mirip minuman soda.

Baca juga: Pemekaran Kabupaten Banyuasin Lampu Hijau, Humas Presedium Ucapkan Terima Kasih pada Bupati

Baca juga: Demi Kesejahteraan Pemerataan, Pemerintah Buat Wacana Pemekaran Wilayah Kalbar, Bakalan Terwujud Dalam Waktu Dekat?

Baca juga: Rencanakan Pemekaran Wilayah, OKI Akan Bentuk 2 Kabupaten DOB! Daerah Apa Saja yang Masuk?

Julukan lainnya adalah 'Little Tiongkok' karena adanya daerah Lasem yang merupakan pecinan Kabupaten Rembang. Kabupaten ini juga dikenal sebagai 'Kota Garam' karena mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani garam.

Tempat-tempat menarik lainnya di Rembang meliputi makam Ibu Kartini di Desa Bulu, kawasan pecinan Lasem yang sarat dengan nilai sejarah, Hutan Mangrove Pasarbanggi di Kecamatan Rembang, dan Gunung Lasem yang merupakan destinasi pendakian populer.

Kabupaten Rembang memiliki beragam daya tarik, mulai dari sejarahnya yang kaya, kuliner lezat, hingga keindahan alamnya.

Kabupaten ini menjadi salah satu destinasi menarik untuk dijelajahi di Jawa Tengah, terutama dalam konteks rencana pemekaran Provinsi Jawa Utara atau Jatara dari Jawa Tengah yang tengah dipertimbangkan oleh pemerintah.

Sumber:

UPDATE TERBARU