Friday 20th of September 2024
×

Mengenal Muhammad Al Idrisi, Sosok Ilmuwan Muslim Penemu Globe yang Viral Ada Tulisan Yajuj Majuj

Mengenal Muhammad Al Idrisi, Sosok Ilmuwan Muslim Penemu Globe yang Viral Ada Tulisan Yajuj Majuj

--

Sosok ilmuwan muslim, Muhammad Al Idrisi atau yang biasa dikenal Al Idrisi pun ikut viral. Lantas, siapakah dia?

Baca juga: Jatara Belum Realisasi! Kudus Malah Diusulkan Jadi Ibu Kota Provinsi Muria Raya, Mana Saja Daerah yang Terdampak?


Baca juga: Penyelidikan Pada Hoshino! Link Baca Manga Oshi no Ko Chapter 133 Bahasa Indonesia Lengkap Dengan Spoiler dan jadwal Rilisnya

Baca juga: Nonton Film Horor Turki Siccin 1- 6 Sub Indo Full Movie HD 1080P Gratis, Kengerian Ketika Manusia Bersekutu Dengan Setan

Al Idrisi adalah seorang ilmuwan muslim yang membuat peta bulat dunia atau globe melalui berbagai metode. Disebutkan dalam buku ”Trade, Travel, and Exploration in the Middle Ages an Encyclopedia” (2010: 14) bahwa Al Idrisi salah satu keturunan dari Nabi Muhammad.

Sejak kecil, Al Idrisi tertarik dengan ilmu bumi atau geografi. Hal inilah yang membuatnya berkeliling ke berbagai tempat untuk mencari pengalaman dan mengumpulkan data geografis dengan cara menjelajahi garis pantai di berbagai lokasi di Eropa dan Afrika serta berinteraksi dengan pedagang dan warga asing untuk mendapatkan informasi.

Dikarenakan petualangannya ke berbagai tempat di dunia, membuat nama Al Idrisi semakin populer di kalangan para pelaut dan perencana militer di Eropa. Kemampuan dan kepopulerannya, membuat Raja Ruggeru (Roger) dari Sisilia, Italia tertarik untuk bekerja sama dalam membuat peta dunia.

Sebelum menerima tawaran tersebut, Al Idrisi sempat mempertimbangkannya terlebih dahulu. Selanjutnya, Al Idrisi menerima dan menyanggupi permintaan tersebut dengan ketentuan rekam jejak kaum muslim di Sisilia sebelum masa pemerintahan Raja Roger tidak dihapus. Dalam tawaran kerjasama ini, semua kebutuhan Al Idrisi ditanggung oleh Raja Roger.

Sumber:

UPDATE TERBARU