Sunday 8th of September 2024
×

Asal Usul Kabupaten Lebong, Dijuluki Sebagai Kota Tua di Bengkulu! Ternyata Berawal Dari Suku Rejang

Asal Usul Kabupaten Lebong, Dijuluki Sebagai Kota Tua di Bengkulu! Ternyata Berawal Dari Suku Rejang

--

OTONITY.com - Lebong adalah sebuah wilayah kabupaten di Provinsi Bengkulu, Indonesia, Ibu kotanya adalah Kecamatan Tubei. Kabupaten ini merupakan kabupaten pemekaran dari kabupaten Rejang Lebong, dengan dasar hukum UU No. 39 Tahun 2003. Secara administratif terdiri atas 12 Kecamatan dengan 11 kelurahan dan 100 desa.

Padang Bano yang bersengketa dengan kabupaten Bengkulu Utara dalam beberapa kesempatan dianggap sebagai kecamatan ketiga belas.


Disini akan kami berikan informasi soal Asal Usul Nama Kabupaten Lebong yang akan kami bahas disini. Buat kamu yang penasaran bisa di simak ya artikel yang berikut ini.

Baca juga: Serem Tapi Gak Banyak Orang Tahu! Inilah Hantu Asli Indonesia yang Namanya Kurang Populer, Pernah Denger Gak?

Baca juga: Salah Satu Desa di Gresik ini Mendadak Punya Banyak Milyader Baru, Bikin Seluruh Warga Gresik Ikutan Makmur

Baca juga: Dari Santet Sampai Exorcism! Cek Judul Film Horor Indonesia yang Tayang November 2023 Ini Bikin Merinding

Asal Usul Nama Kabupaten Lebong

Kabupaten Lebong secara historis memiliki sejarah yang cukup panjang dalam catatan sejarah di Indonesia, catatan sejarah tersebut merupakan saksi bahwa Kabupaten Lebong memiliki nilai historis yang cukup tinggi, Suku Rejang merupakan satu komunitas masyarakat di Kabupaten Lebong yang memiliki tata cara dan adat istiadat yang dipegang teguh sampai sekarang

Pada mulanya suku bangsa Rejang dalam kelompok-kelompok kecil hidup mengembara di daerah Lebong yang luas, mereka hidup dari hasil-hasil hutan dan sungai.

Pada masa ini suku bangsa Rejang hidup nomaden (berpindah-pindah) dalam tatanan sejarah juga pada masa ini disebut dengan meduro kelam (jahiliyah), di mana masyarakatnya sangat mengantungkan hidupnya dengan sumber daya alam dan lingkungan yang tersedia.

Sumber:

UPDATE TERBARU