Tuesday 17th of September 2024
×

Asal Usul Kabupaten Lebong, Dijuluki Sebagai Kota Tua di Bengkulu! Ternyata Berawal Dari Suku Rejang

Asal Usul Kabupaten Lebong, Dijuluki Sebagai Kota Tua di Bengkulu! Ternyata Berawal Dari Suku Rejang

--

Barulah pada zaman Ajai mereka mulai hidup menetap terutama di lembah-lembah sepanjang sungai Ketahun, pada zaman ini suku bangsa Rejang sudah mengenai budidaya pertanian sederhadan serta pranata sosial dalam mengatur proses ruang pemerintahan adat bagi warga komunitasnya.

Menurut riwayat yang tidak tertulis suku bangsa Rejang bersal dari Empat Petulai dan tiap-tiap Petulai di Pimpin oleh seorang Ajai. Ajai ini berasal dari Kata Majai yang mempunyai arti pemimpin suatu kumpulan masyarakat.


Baca juga: Catat Tanggalnya, Inilah Jadwal Konser Denny Caknan Bulan November 2023, Begini Cara Daftarnya!

Baca juga: Daftar Judul Film Horor Terseram Tayang November di Bioskop, Siap Hantui Hari-Harimu Dengan Teror Mengerikan

Baca juga: Cara ke Pulau Merak Kecil Lengkap Dengan Tarif Transportasi, Harga Tiket, Jam Operasional, dan Daya Tariknya

Dalam zaman Ajai ini daerah Lebong yang sekarang masih bernama Renah Sekalawi atau Pinang Belapis atau sering juga di sebut sebagai Kutai Belek Tebo.

Pada masa Ajai masyarakat yang bekumpul sudah mulai menetap dan merupakan suatu masyarakat yang komunal di dalam sisi sosial dan kehidupannya sistem Pemerinatahan komunial ini di sebut dengan Kutai. Keadaan ini ditunjukkan dengan adanya kesepakatan antara masyarakat tersebut terhadap hak kepemilikan secara komunal. Semua ketentuan dan praktik terhadap hak dan kepemilikan segala sesuatu.

Sumber:

UPDATE TERBARU