Tuesday 17th of September 2024
×

Asal Usul Sejarah Nama Jatinangor, Ternyata Diambil dari Masa Penjajahan Belanda!

Asal Usul Sejarah Nama Jatinangor, Ternyata Diambil dari Masa Penjajahan Belanda!

--

OTONITY.com - Jatinangor merupakan salah satu wilayah yang berada di Jawa Barat. Pesona dan wisata daerah tersebut terus menjadi perhatian. Namun, banyak yang belum mengetahui mengenai asal usul dari wilayah tersebut. Berikut ini adalah sejarah lengkap dari Jatinangor.

Jatinangor terkenal sebagai kawasan pendidikan yang menjadi lokasi empat kampus terkemuka di Indonesia, yaitu Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), dan Institut Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN), yang sekarang dikenal sebagai Universitas Koperasi Indonesia.


Pada tahun 1989, Jatinangor ditetapkan sebagai Kawasan Perguruan Tinggi (KPT), dan pada tahun 2010, statusnya berubah menjadi Kawasan Strategis Provinsi (KSP) Pendidikan. Universitas pertama yang pindah ke Jatinangor adalah Universitas Padjadjaran atau Unpad.

Baca juga: Kisah Suku Rejang yang Jadi Sejarah Singkat Kabupaten Lebong di Bengkulu, Begini Ceritanya!

Baca juga: Sejarah Goa Kafir Pamijahan, Jadi Tempat Pesugihan yang Terkenal Buat Para Pemuja Harta Duniawii

Baca juga: Asal Usul Sejarah Kabupaten Rokan Hulu, Dapat Julukan Jantungnya Pulau Sumatera dari Peneliti Jerman!

Awalnya, Unpad didirikan pada 11 September 1957 dan berlokasi di Dipatiukur, Bandung. Seiring berjalannya waktu, fakultas-fakultas Unpad tersebar di berbagai tempat di Bandung, tidak hanya di Dipatiukur.

Menurut Dosen Ilmu Sejarah Universitas Padjadjaran, Widyo Nugrahanto, pada awal 1980-an, kampus Unpad tersebar secara ekologis.

Rektor keenam Unpad, Hindersah Wiraatmadja, kemudian mengusulkan pemindahan Unpad ke Jatinangor, terinspirasi oleh Kota Akademik Tsukuba. Ia menggagas "Kota Akademis Manglayang" di Jatinangor, dan usulan ini disetujui oleh Gubernur Jawa Barat berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Barat No.

Sumber:

UPDATE TERBARU