Tuesday 17th of September 2024
×

Bupati Hamsuardi Resmikan Pemekaran Nagari di Ujung Gading Sumatera: Wanti-Wanti Jangan Sampai Merubah Adat Istiadat

Bupati Hamsuardi Resmikan Pemekaran Nagari di Ujung Gading Sumatera: Wanti-Wanti Jangan Sampai Merubah Adat Istiadat

--

OTONITY.com - Bupati Hamsuardi Resmikan Pemekaran Nagari di Ujung Gading Sumatera: Wanti-Wanti Jangan Sampai Merubah Adat Istiadat! Pada pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi terkait hal ini melalui uraian berikut.

Provinsi Sumatera Barat mengalami pemekaran dengan pendirian tiga kabupaten baru pada tahun 2004. Meskipun demikian, wacana mengenai pemekaran kabupaten baru di Sumatera Barat masih ada hingga saat ini.


Umumnya, kabupaten-kabupaten baru yang diusulkan di Sumatera Barat memiliki luas wilayah yang besar dan jumlah penduduk yang signifikan. Baru-baru ini Nagari Salido Saroha Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang memekarkan wilayah kejorongan.

Baca juga: Viral Jawa Timur Bakal Dimekarkan Jadi 3 Provinsi Ternyata Hoax: Belum Ada Undang-Undang Pemekaran Wilayah dan Penambahan Provinsi

Baca juga: Mengenal Muhammad Al Idrisi, Sosok Ilmuwan Muslim Penemu Globe yang Viral Ada Tulisan Yajuj Majuj

Baca juga: Viral TikTok! Adanya Tulisan Yajuj Majuj di Peta Al Idrisi, Warganet Auto Kepo Markas Makhluk Akhir Zaman Itu

Peresmian pemekaran menjadi 4 kejorongan diantaranya Jorong Ranah Salido, Jorong Salido Barat, Jorong Saroha, dan Jorong Sijanih Saroha yang diresmikan oleh Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi didampingi stakeholder terkait.

Peresmian ini dilaksanakan pada hari Selasa (7/11) di lapangan Masjid Jami’ Taqwa Sijanih, Ujung Gading. Yang mana melalui sambutannya, Bupati Hamsuardi mengatakan pemekaran dilakukan semata-mata untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Pasbar dan menegaskan pemekaran tidak diperbolehkan mengubah adat istiadat yang ada. 

Bupati Hamsuardi Resmikan Pemekaran Nagari di Ujung Gading Sumatera

Sosoknya juga menjelaskan, akan banyak kesempatan yang harus dimanfaatkan seiring dengan pemekaran jorong yang dilakukan.

“Dari yang semula 2 kejorongan saat ini Nagari Salido Saroha menjadi 4 kejorongan. Akan banyak kesempatan yang akan didapatkan, kita berharap tokoh masyarakat dapat memberi kesempatan untuk menjadikan Pasbar jadi lebih baik. Insya Allah, tahun depan dana desa kita bertambah. Mari kita manfaatkan sesuai prioritas yang sudah ditentukan, mengurus nagari baik di bidang pendidikan, keagamaan, membina generasi muda, mengatasi kemiskinan, stunting, persoalan banjir dan lain sebagainya,” ungkap Bupati Hamsuardi.

Sumber:

UPDATE TERBARU