Tuesday 17th of September 2024
×

Rencana Pemekaran Wilayah Kabupaten Kutai Barat, Siap Jadi Penyongkong IKN Nusantara!

Rencana Pemekaran Wilayah Kabupaten Kutai Barat, Siap Jadi Penyongkong IKN Nusantara!

--

OTONITIY.com - Rencana pemekaran wilayah di Kabupaten Kutai Barat ini cukup menarik perhatian. Setelah kunjungan dari Presiden Jokowidodo, kini Kabupaten Kutai Barat siap jadi penopang untuk IKN Nusantara yang pembangunannya masih dalam tahap pelaksanaan. 

Pemekaran wilayah adalah proses administratif di mana suatu daerah atau wilayah yang lebih besar dibagi menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Tujuan dari pemekaran wilayah biasanya adalah untuk meningkatkan pelayanan dan efisiensi dalam mengelola daerah tersebut.


Pemekaran wilayah dapat melibatkan pembentukan kelurahan atau desa baru, kecamatan baru, atau bahkan pembentukan kabupaten atau provinsi baru.

Baca juga: Daftar 10 Daerah Pemekaran Provinsi Sumatera Selatan Niat Angkat Potensi Wisata Dengan Kearifan Lokal

Baca juga: Pemekaran di 2 RT Kelurahan Melayu Tuai Pro Dan Kontra Dari Masyarakat, Begini Tanggapan Lurah Setempat!

Baca juga: Usulkan Pemekaran Wilayah, Kotawaringin Raya Layak Jadi Provinsi Baru! Pemerintah Masih Lakukan Peninjauan

Proses ini sering kali didorong oleh kebutuhan untuk mendekatkan pemerintahan kepada masyarakat setempat, meningkatkan aksesibilitas layanan publik, atau mengoptimalkan pengelolaan sumber daya.

Pemekaran wilayah biasanya melibatkan proses perundang-undangan dan persetujuan dari berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat yang terkena dampak.

Kabupaten Kutai Barat Siap Sokong IKN Nusantara

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Barat di Kalimantan Timur (Kaltim) bersiap mendukung sebagai wilayah pendukung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan memanfaatkan potensi alam yang dimiliki di daerah tersebut.

Bupati Yapan secara resmi menyatakan dukungan terhadap pembangunan IKN Nusantara dalam pertemuan dengan Presiden Jokowi.

"Kami sangat mendukung IKN di Kaltim. Sebagai daerah penyangga, Kutai Barat sangat berpotensi di bidang pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, serta wisata alam dan budaya," kata Bupati Kutai Barat FX Yapan saat memberikan sambutan selamat datang atas kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Alun-Alun Itho Sendawar, Jumat.

Menurutnya, Kutai Barat akan merasakan banyak manfaat dari kehadiran IKN di Kalimantan Timur, terutama dalam hal pembangunan infrastruktur yang menghubungkan Kutai Barat dengan IKN.

Sumber:

UPDATE TERBARU