Sunday 8th of September 2024
×

Ingin Pisah! Bupati dan Petinggi Mimika Deklarasikan Pembentukan Provinsi Papua Nemangkawi, Ternyata Ini Alasannya!

Ingin Pisah! Bupati dan Petinggi Mimika Deklarasikan Pembentukan Provinsi Papua Nemangkawi, Ternyata Ini Alasannya!

--

OTONITY.com Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, secara resmi mendeklarasikan pembentukan Provinsi Papua Nemangkawi, Kamis (2/11/2023). Deklarasi ini dilakukan di Jakarta, ditandai dengan penyerahan Kesepakatan Bersama kepada Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) pada Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Valentinus Sudarjanto Sumito, SIP., M.Si.

Dalam kesepakatan bersama tersebut, disebutkan bahwa Bupati Mimika, DPRD Mimika, dan tokoh masyarakat dari suku Amungme dan Kamoro mendukung penuh pembentukan Provinsi Papua Nemangkawi dengan ibukota di Timika. Selain itu, mereka juga mendukung penuh pembentukan Kota Timika di Timika, Kabupaten Mimika Barat dengan ibukota di Kapiraya, serta Kabupaten Mimika Timur dengan ibukota di Agimuga.

Baca juga: Wacana Pemekaran Kediri! Tarokan dan Banyakan Akan Bergabung Jadi Kota Madya, Sudah Siap Jadi Anak Kota?

Baca juga: Film 13 Bom di Jakarta Siap Ledakkan Dunia Hiburan di Akhir Tahun! Antusiasme Penonton Melonjak Tinggi

Baca juga: Intip Bocoran Sinopsis Film Lembayung dan Daftar Pemainnya, Gaet Arya Saloka hingga Paula Verhoeven

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, mengatakan bahwa pembentukan Provinsi Papua Nemangkawi merupakan aspirasi dari masyarakat Mimika. Menurutnya, pembentukan provinsi baru ini akan memberikan kesempatan yang lebih besar bagi masyarakat Mimika untuk mengembangkan potensi daerahnya.

Sumber:

UPDATE TERBARU