Tuesday 17th of September 2024
×

Ingin Pisah! Bupati dan Petinggi Mimika Deklarasikan Pembentukan Provinsi Papua Nemangkawi, Ternyata Ini Alasannya!

Ingin Pisah! Bupati dan Petinggi Mimika Deklarasikan Pembentukan Provinsi Papua Nemangkawi, Ternyata Ini Alasannya!

--

"Pembentukan Provinsi Papua Nemangkawi ini merupakan aspirasi dari masyarakat Mimika, khususnya dari suku Amungme dan Kamoro. Kami berharap, dengan adanya provinsi baru ini, masyarakat Mimika dapat lebih maju dan sejahtera," kata Eltinus.

Sementara itu, Direktur Penataan Daerah, Otonomi Khusus dan DPOD, Kementerian Dalam Negeri, Valentinus Sudarjanto Sumito, mengatakan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti kesepakatan bersama tersebut. Dia mengatakan, Kementerian Dalam Negeri akan melakukan kajian lebih lanjut untuk menentukan kelayakan pembentukan Provinsi Papua Nemangkawi.

Baca juga: Pemekaran Wilayah Provinsi Jawa Utara Siap Realisasi! Inilah Daftar Wilayah yang Siap Sokong Kemajuan DOB

Baca juga: Siap Realisasi! Pembentukan Provinsi Jatara dari Pemekaran Jawa Tengah Siap Angkut 6 Kabupaten Berikut

Baca juga: Siapkan Lahan 90 Hektar, Pemekaran Wilayah di Kabupaten Banyuasin Usulkan Pembentukan 2 Kabupaten DOB Untuk Kemajuan Sumsel!

"Kami akan menindaklanjuti kesepakatan bersama ini dengan melakukan kajian lebih lanjut. Kajian ini akan meliputi aspek-aspek teknis, administratif, dan yuridis," kata Valentinus.

Pembentukan Provinsi Papua Nemangkawi merupakan salah satu dari tiga usulan pembentukan daerah otonomi baru (DOB) di Papua yang disetujui oleh pemerintah pusat. Dua usulan lainnya adalah pembentukan Provinsi Papua Selatan dan Provinsi Papua Barat Daya.

Sumber:

UPDATE TERBARU